Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan jasmani anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Jaya Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi seluruh anak usia dini di TK Mekar Jaya berjumlah 50 anak, sampel yaitu anak TK B usia 5-6 tahun berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data paired sample t-test dengan analisis deskriptif dan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-smirnov. Hasil yang diperoleh saat pre-test pada 22 anak berada dalam kategori baik dengan persentase 73,33 % dan 8 anak pada kategori kurang dengan persentase 26,67 %. Setelah diberi perlakuan pada post-test terjadi peningkatan keterampilan jasmani, 12 anak berada dalam kategori baik dengan persentase 40% sedangkan 18 anak berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 60%. Diperoleh nilai mean pre-test yaitu 135.83 dan post-test yaitu 151.00 terjadi peningkatan sebesar 15.17. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test didapatkan hasil bahwa nilai ttabel=2.042 sedangkan thitung=-24.695. H0 ditolak dan H1 diterima apabila (thitung>ttabel) atau (thitung<-ttabel) maka, (24.695>2.042) atau (-24.695<-2.042) diperoleh nilai signifikansi=0,000. 0,000<0,005 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan tersebut terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan jasmani pada anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Jaya Kota Semarang.