Utilizing Herbarium Book of Medicinal Plants as a Medium to Improve Science Knowledge for Children Aged 5-6 Years at TK Dharma Wanita Yos Sudarso
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media herbarium book tanaman obat terhadap peningkatan pengetahuan sains pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Yos Sudarso. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampe dalam penelitian ini adalah teknik jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen. Analisis data menggunakan perhitungan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tingkat pengetahuan sains anak usia 5-6 tahun sesudah diterapkannya media herbarium book tanaman obat diperoleh hasil rata-rata sebesar 69.80 menjadi 94.97, yang artinya terdapat peningkatan pengetahuan sains sebesar 25.17. Berdasarkan pada perhitungan analisis uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 yang disimpulkan (0.000 < 0.05). Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media herbarium book tanaman obat dapat meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Yos Sudarso.