Abstract

Perilaku sosial dapat diperoleh anak pada proses kematangan dan kesempatan belajar melalui berbagai stimulus atau rangsangan dari lingkungan sekitar. Sistem lingkungan sosial yang sehat dan baik dapat membantu anak untuk mengembangkan konsep yang positif dalam diri anak serta dapat mendukung proses sosialisasi menjadi optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru PAUD terhadap orang tua karier ditinjau dari perilaku sosial anak di TK Siti Sulaechah 04 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru di TK Siti Sulaechah 04 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubermans melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi


Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan persepsi guru menunjukkan bahwa perilaku sosial yang muncul pada anak bergantung dengan karakteristik usianya. Pada kelompok playgroup usia 3-4 tahun menunjukkan bahwa karakter yang ditampilkan di sekolah tidak jauh berbeda dengan di rumah, anak cenderung egois, tidak mau mengalah, namun tidak semua anak yang memiliki orang tua karir cenderung menyendiri karena orang tuanya bekerja, akan tetapi tidak sedikit anak-anak yang aktif dan bermain bersama teman-temannya sesuai dengan tahap perkembangannya. Pada kelompok TK A dengan usia 4-5 tahun anak menunjukkan karakter-karakter positif dalam diri mereka seperti empati, antusiasme dalam melakukan permainan dan ingin diakui serta diterima. Pada kelompok TK B dengan usia 5-6 tahun anak mulai membentuk suatu pertemanan di sekolah, mampu merespon hal-hal diluar dirinya seperti merespon teman-temannya saat mengajaknya bermain, menunjukkan antusiasnya saat pembelajaran berlangsung dan mulai terbuka dengan gurunya.