Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat PAUD dalam meningkatkan pengetahuan finansial keuangan pada anak usia dini di TK Islam Bustanul Athfal Desa Sikanco. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Bustanul Athfal Desa Sikanco Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dengan jumlah responden dalam penelitian sebanyak 30 peserta didik dalam usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat, uji paired sampel t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat PAUD efektif dalam meningkatkan Pengetahuan Finansial Keuangan anak. Dilihat dari hasil uji analisis data uji paired sampel t-test menunjukan hasil signifikansi 0,00, dimana hasil tersebut ˂ 0,05 yang berarti menunjukan adanya efektifitas. Sedangkan berdasarkan nilai pretest dan nilai posttest pada hasil uji n-gain penelitian ini menunjukan angka 0,59 yang artinya treatment penelitian ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan finansial anak dalam kategori sedang. Nilai rerata pada hasil pretest sebesar 48,97 sedangkan hasil nilai posttest penelitian mengalami peningkatan menjadi 70,27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat PAUD efektif dalam peningkatan pengetahuan finansial anak di TK Islam Bustanul Athfal Desa Sikanco Kecamatan Nusawungu.