Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melihat tingkat kepekaan tinggi yang diterima anak. Kepribadian dan karakter seorang anak disuplai oleh tingkat pendidikan anak usia dini. Perkembangan motorik halus dangat dibutuhkan dalam menunjang kreativitas dan mental anak. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dalam perkembangan motorik halus pada anak usia dini. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak yaitu menggambar bebas dengan teknik dusel. Hal ini dikarenakan otot-otot kecil pada anak digunakan dengan maksimal. Namun dilapangan teknik menggambar bebas dengan dusel belum dilaksanakan dalam sekolah. Untuk pengembangan seni, mereka hanya diminta untuk mewarnai gambar di majalah. Maka hal ini menjadikan peneliti memilih teknik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bebas dengan teknik dusel. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan peneliti memberikan arahan kepada guru kelas dalam pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motoric halus pada anak melalui kegiatan menggambar bebas dengan teknik dusel.