Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak melalui metode bercerita. Penelitian dilakukan di KB Siti Sulaechah 04 Semarang, kelompok A dengan jumlah siswa 12 anak dan dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Di Kelompok Bermain Siti Sulaechah 04, anak usia 2-3 tahun keterampilan sosial-emosionalnya masih sangat kurang. Anak masih suka bermain sendiri, belum mau bergabung dengan temannya di sekitar, masih suka menggunakan tangan dan kaki saat menghadapi temannya dan sifat egonya anak masih sangat terlihat jelas. Upaya meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak usia 2-3 tahun, peneliti menggunakan metode bercerita dikarenakan anak usia 2-3 tahun masih suka melihat suatu gambar dan keingintahuan yang besar tentang apa maksud dari gambar tersebut.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus pertama bercerita dengan buku gambar kecil dan siklus kedua bercerita dengan buku gambar besar. Instrumen dalam penelitian berupa lembar observasi, dan catatan lapangan. Tehnik Pengumpulan berupa pengamatan dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pada setiap siklusnya. Kesimpulan setelah penelitian tindakan kelas, yaitu (1) Pada kegiatan awal, anak dapat mengenal cara bersosialisasi dan pengendalian emosi. (2) Pada tahap pelaksanaan, anak mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan mampu mengendalikan emosi dengan teman. (3) Pada tahap akhir, anak mampu mengajak dan mengingatkan teman agar mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan mengendalikan emosi saat bermain dengan teman.  Hasil penelitian menunjukan bahwa sosial-emosional anak terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Kondisi awal hanya 8,33% kategori baik. Pada siklus I menggunakan buku gambar kecil dengan hasil 50 % yang termasuk dalam kategori baik. Anak-anak terlihat masih belum puas dan merasa bosan menggunakan buku gambar  kecil dikarenakan tidak bisa melihat gambar dengan jelas, maka perlu diadakan peningkatan melalui siklus II. Pada siklus II, peneliti menggunakan buku besar. Hasil yang dicapai 83,33% yang termasuk dalam kategori baik. Saat bercerita dengan menggunakan buku besar, terlihat sekali anak-anak tertarik untuk melihatnya. Anak-anak usia 2-3 tahun, mulai fokus saat mendengarkan peneliti bercerita dengan buku  besar karena gambar di dalam buku besar terlihat jelas oleh anak-anak.  Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan menggunakan buku besar, dapat meningkatkan sosial-emosional anak 2-3 tahun di KB Siti Sulaechah 04 Semarang.

The research aims to improve the social-emotional skills of children through story-telling method. Research conducted at the Siti Sulaechah KB 04 Semarang, Group A with 12 children and the number of students is carried out on a semester II academic year 2014/2015. In Group Play Siti Sulaechah 04, children ages 2-3 years of social-emotional skills are still very less. Children still love to play it myself, not to want to join his friend around, still like to use the hands and feet in the face of his friend and the nature of the child's ego is still very evident. Improve social skills-emotional child age 2-3 years, researchers using the method of storytelling because children aged 2-3 years still love to see a picture and a great curiosity about what the intent of the image. The research was conducted in two cycles, i.e., the first cycle of storytelling with a small picture book and second cycle tells the story with a big picture book. Research instruments in the form of sheets of observation, and a note field. The method of collection in the form of observation and documentation. The data obtained were analyzed further descriptive qualitative basis on each cycle. Conclusion after research action class, namely (1) the initial activities, children can know how to socialize and control of emotions. (2) at the stage of implementation, the child was able to socialize with the environment and be able to control your emotions with your friends. (3) in the final stage, children are able to invite and remind your friends to socialize with the environment and control your emotions when playing with friends. Results of the study showed that children's social-emotional happening increased on each cycle. Initial conditions only 8.33% category either. On cycle I use a small picture book with 50% results are included in the category of good. The children look still not satisfied and feel bored using small picture book because could not see clearly, then the images need improvement through the cycle II. In cycle II, researchers use a big book. Results achieved 83,33% are included in the category either. While telling stories using big books, visible once the children are interested to see it. Children age 2-3 years, began to focus while listening to a researcher tells the story with a great book because the pictures in the book great is clearly visible by the children. Based on the description, it can be concluded that through the method of storytelling by using big books, can increase social-emotional children 2-3 years in KB Sulaechah Siti 04 Semarang.