Abstract

Keterampilan sosial anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal kurang maksimal, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan tradisional cublak-cublak suweng di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 dalam pengembangan keterampilan sosial anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama adalah Apakah permainan tradisional cublak-cublak suweng dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 ?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bahwa permainan tradisional cublak-cublak suweng dapat meningkatkan keterampilan sosial di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44. Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengetahui bahwa permainan tradisional cublak-cublak suweng dapat meningkatkan keterampilan sosial di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Banyumanik Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut ; meningkatnya keterampilan sosial  anak lebih dari 76%. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil kemampuan keterampilan sosial anak melalui permainan culak-cublak suweng adalah 43% dengan kategori kurang. Kemudian dilanjutkan perbaikan ke siklus II dan hasil penelitian meningkat menjadi 68% dengan kategori cukup. Untuk lebih memaksimalkan keterampilan sosial anak melalui permainan cublak-cublak suweng, peneliti melanjutkan perbaikan ke siklus III dengan penigkatan baik menjadi 85%. Berdasarkan dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain cublak-cublak suweng di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 44 dapat meningkatkan keterampilan sosial. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disarankan untuk menggunakan permainan tradisional cublak-cublak suweng dalam memberikan pembelajaran terutama untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini.

Social skills of children in group A kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal less than the maximum, based on these observations researchers found an idea, an idea or plan to conduct classroom action research using traditional game Cublak-Cublak Suweng in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 44 in the development of social skills of children. Issues examined in this study is the first traditional game Cublak Is-Cublak Suweng can improve the social skills of children in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 44?. The aim of research is to know that the traditional game Cublak-Cublak Suweng can improve social skills in kindergarten Aisyiyah Bustanul 44. Athfal action research was conducted to determine that the traditional game Cublak-Cublak Suweng can improve social skills in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 44 Banyumanik Semarang. The method used in this research is classroom action research method. The research was conducted in three cycles, each cycle consisting of the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Quantitative and qualitative data retrieval. Indicators of success are as follows; increasing the social skills of children of more than 76%. From the analysis of research data obtained by the results of the first cycle of the ability of the child's social skills through games culak-Cublak Suweng is 43% with less category. Then proceed to the second cycle and the improvement of research results increased to 68% with sufficient category. To further maximize the child's social skills through games Cublak-Cublak Suweng, researchers continued improvement to the third cycle with good penigkatan to 85%. Based on the results of the study, researchers concluded that by playing Cublak-Cublak Suweng in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 44 can improve social skills. Based on the results of this study are advised to use the traditional game Cublak-Cublak Suweng in delivering learning, especially to improve the social skills of early childhood.