TARI OLEG TAMULILINGAN GAYA PELIATAN KARYA I GUSTI AYU RAKA RASMI: KREATIVITAS GARAP DAN PEMBELAJARANNYA

  • Ni Komang Tri Paramityaningrum Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hartono Hartono Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Lestari Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Creativity, Learning, Oleg Tamulilingan Dance of Peliatan Style

Abstract

Tari Oleg Tamulilingan gaya Peliatan adalah sebuah karya seni yang diciptakan oleh I Gusti Ayu Raka Rasmi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan struktur, kreativitas garap dan proses pembelajaran tari Oleg Tamulilingan gaya Peliatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah; (1) Ada tiga struktur tari Oleg Tamulilingan gaya Peliatan seperti papeson, pengawak,dan pekaad; (2) Kreativitas ragam gerak meliputi lima perubahan seperti angsel kado menjadi miles, nyerere menjadi luk nerudut, nyeregseg ngider menjadi nyeregseg meplincer, meipuk-meipuk menjadi mearas-aras, dan nyakup bawa. Kreativitas tata busana dapat diwujudkan dalam bentuk kamen, sabuk prada, oncer, ampok-ampok, tutup dada, gelang kana, badong lanying, gelungan dan udeng. Tata rias wajah meliputi penggunaan eyeshadow yang mencolok dan tidak menggunakan kecek/titik putih di bagian dahi/srinata; (3) Proses pembelajaran yang dilakukan adalah memberikan teknik dan menyuruh peserta didik untuk mempraktekkan tari Oleg Tamulilingan gaya Peliatan dengan pelatih I Gusti Ayu Raka Rasmi.

 

Oleg Tamulilingan dance of Peliatan style is an art work created by I Gusti Ayu Raka Rasmi. The aimed was to describe the structure, the learning and analyze the creativity of the dance. The aimed of the research was to describe the structure, the learning of Oleg Tamulilingan dance of Peliatan style and analyze the creativity of Oleg Tamulilingan dance of Peliatan style created I Gusti Ayu Raka Rasmi . The study used qualitative method through interpretative approach. Technique of collecting the data used observation, interview, documentation and recording. The data analysis used Miles and Huberman qualitative data analysis model. The result was; (1) Three strucutres of the dance such as papesan, pengawak, and pekaad; (2) Five items in the creativity of the dance such as angsel kado becomes miles, nyerere becomes luk nerudut, nyeregseg ngider becomes nyeregseg meplincer, meipuk-ipuk becomes mearas-aras and nyakup bawa. The costume used was kamen, sabuk prada, oncer, ampok-ampok, tutup dada, gelang kana, badong lanying, gelungan and udeng. The cosmetics used was the braveness of using eyeshadow more colorful, don’t used kecek/ white point at forehead/srinata (3) Learning process was giving a technique for the students to practice Oleg Tamulilingan dance Peliatan style by I Gusti Ayu Raka Rasmi.

References

Arini, Anak Agung Ayu Kusuma. 2002. Tari Kekebyaran Ciptaan I Nyoman Kaler Denpasar: Pelawa Sari

Bahari, Nooryan. 2014. Kritik Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandem, I Made dan Eugene Frederik deBoer. 2004. Kaja Kelod: Tarian Bali Dalam Transisi. ISI Yogyakarta.

Dibia, I Wayan. 2012. Ilen-ilen Seni Pertunjukan Bali. Denpasar: Bali Mangsi.

Dibia, I Wayan. 2013. Puspasari Seni Tari Bali .Badung: UPT ISI Badung.

Dibia, I Wayan dan Wiratini, Ni Made. 2003. “Tari Kebyar Legong Cikal Bakal Tari Kakebyaran di Baliâ€. Laporan Hasil Penelitian atas biaya Due-Like Batch-IV, STSI Denpasar.

Hamalik, Oemar. 2001a. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hamalik, Oemar. 2001b. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B. Matthew dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Ratih, Endang. 2002. “Peranan Seni Tari dalam Pembentukan Kreativitas Anak TK (Kajian Multidimensional)â€. Harmonia, Vol. 3, No,2. Unnes Semarang.

Section
Articles