PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL IV MAHASISWA PROGRAM D3 DESAIN GRAFIS UNESA SURABAYA

  • Eko Agus Basuki Oemar
Keywords: Constructivistic, Problem based model, Visual communication design

Abstract

Pendekatan konstruktivistik berbasis masalah dalam pembelajaran Desain Komunikasi Visual IV berorientasi pada permasalahan pembelajaran yang bersifat spesifik dan kontekstual, terkait dengan peningkatan kinerja dan hasil belajar mahasiswa dalam perancangan karya desain, termasuk peningkatan kinerja dosen, serta pengembangan potensi mahasiswa sesuai tuntutan profesinya kelak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Kegiatannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan analisis, serta refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, dan catatan reflektif. Sumber datanya adalah aktivitas mahasiswa dan dosen. Analisis data secara deskriptif kualitatif, hasil kegiatan belajar tiap siklus dibandingkan dengan indikator keberhasilan, serta melalui pembandingan hasil belajar antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivistik dengan model berbasis masalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran desain komunikasi visual. Mahasiswa dapat meningkatkan kinerja dan hasil belajarnya, bila diberi keleluasaan memilih alternatif permasalahan, terlibat aktif dalam perencanaan desain, berganti peran dalam presentasi, dan mendapat umpan balik bervariasi dalam diskusi yang cukup waktu. Kinerja mahasiswa kerja kelompok meningkat dari rerata skor 3.5 menjadi 4.5 dengan klasifikasi baik sekali, kinerja dalam presentasi dan diskusi meningkat dari rerata skor 3.4 menjadi 4.0 dengan klasifikasi baik. Kinerja dosen berdasarkan respon mahasiswa juga meningkat dari rerata skor 4.3 menjadi 4.5 mencapai klasifikasi baik sekali. Perkembangan hasil belajar mahasiswa mencapai klasifikasi baik, lima mahasiswa mencapai nilai A, 20 mahasiswa atau 50% lebih mendapat nilai B, dan seorang mendapat nilai C; sehingga sesuai tingkat keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan perkembangan hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan peningkatan, termasuk kinerja mahasiswa maupun dosen telah sesuai tingkat pencapaian yang ditentukan.

 

Problem based constructivistic approach on Visual Communication Design IV learning oriented on specific and contextual learning problem, concerned with the the performance improvement and students’ learning results in designing the work design, including performance improvement of the lecturer, and students’ potency development along with the prospective occupation. This research is classroom action research. This activity includes: Planning, conducting the action, observation, questionnaire, test, and reflective record. The data source is from students’ activity and lecturer. The data is analyzed through qualitative and descriptive, learning activity’s result for each cycle is compared with the success indicator, and through the comparison of inter – cycle learning’s results. Students can improve their performance and learning result, if they are given flexibility in choosing alternative problem, engage actively in planning the design, changing the role in presentation, getting the various feedback in discussing in sufficient time. Group work of the students’ performance increase from the average score 3,5 to 4,5 with classification of good enough, performance in presentation and discussion increase from average score 3,4 to 4,0 with classification of good. Lecturer’s performance is based on students’ response also increase 4,3 to 4, 5 with the classification of good enough. The development of students’ learning result achieved good classification, 5 students got A, 20 students or mora thatn 50 % got B, and a student got C; so that based on the determined success rate. Based on the development of students’ result which also shows improvement, including students’ performance or lecturer which is appropriate with the determined level of achievement.

Section
Articles