ORIENTASI GRUP VOKAL AWAN VOICE PADA IDEOLOGI PASAR MUSIK INDONESIA

  • Ari Widyaningrum Prodi Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Awan Voice, Ideology, Market Ideology.

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran ciri khas musik grup vokal Awan, dinamika perkembangan komposisi dan aransemen lagu Awan Voice, serta orientasi grup Awan Voice pada ideologi pasar musik Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian analisis kualitatif dengan lokasi penelitian di Kota Semarang, adapun wujud dan sumber data terdiri dari sumber dan wujud data tertulis maupun tidak tertulis. Instrumen dan teknik pengambilan data mengunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Sedangkan teknik analisis dan pengolahan data pengumpulan, reduksi, klarifikasi dan verifikasi data. Ciri khas musik dari Awan Voice adalah musik yang berformat acapella dengan sentuhan beatbox. Selain itu dalam setiap performnya diselingi dengan guyonan sehingga menarik perhatian penikmatnya. Dinamika perkembangan komposisi dan arransemen karya Awan voice dapat dilihat dari aspek judul lagu, komposisi lagu, struktur lagu, melodi, harmonisasi, pangsa pasar dan motif lagunya. Sedangkan orientasi terhadap ideologi pasar musik Indonesia adalah musik Awan voice menerapkan melodi yang mudah diingat dan di mainkan fleksibel, lagunya mudah dinyanyikan dan diserap maknanya. Harmoni yang tidak terlalu muluk. Dapat dipadukan dengan instrumen atau jenis musik yang tidak biasa seperti classic, blues dan lain-lain. Karya mereka disesuaikan dengan waktu dan tempat atau pangsa pasar yang akan ditujunya, dan mempunyai profitabilitas.

This study aims at describing vocal group Awan Voice characteristics, dynamic development of music composition, Awan Voice vocal arrangement and Awan Voice music market ideology. This study uses qualitative method in Semarang City. The data and data sources consist of written data and unwritten data. Data instruments and techniques of collecting data are observation, interview and documentation. The data validity uses triangulation. The analysis data consists of collecting data,reduction, clarification, and verification. Characteristic of Awan Voice music is music touch by beatbox acapella format. In each performance, they sometimes intersperse singing with jokes that draw the audience’s attention Awan Voice composition dynamic development and work arrangements can be seen form the aspects of song title, song composition, structure, melody, harmony, market share and song motif. While the orientation toward Indonesia Awan Voice market ideology is using melodies that are easy to remember, flexible to play, easy to sing and meaningful. The harmony used is not too grandiose. It can be combined with the instrument or type of music that is not as common as classic, blues and others. Their work adopted to the time and place or to its target market share, and profitability.

References

Abercrombie, Nicholas, Stephen Hill, Bryan S. Turner. 2010. Kamus Sosiologi (The Penguin Dictionary of Sociology). Terjemahan : Desi Noviyani, Eka Adinugraha, Rh. Widada. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Althousser, Louis. 2004. Tentang Ideologi: Marxisme Strukturalis, Psikoanalisis, Sastra. Yogyakarta : Jalasutra.

Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta : Gramedia.

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Barker, Chris. 2011. Cultural Studies Teori dan Praktik. Terjemahan: Nurhadi. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Barker, Chris. 2014. Kamus Kajian Budaya. Terjemahan: B. Hendar Putranto. Yogyakarta: PT Kanisius.

Cavallaro, Dani. 2004. Teori Kritis dan Teori Budaya. Terjemahan: Laily Rahmawati. Yogyakarta: Niagara.

Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komphrehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Joseph, Wagiman.2006. Teori Musik I dan II. Universitas Negeri Semarang.

Kayam, Umar. 2005. Budaya Media dan Interaksinya dengan Budaya-budaya Etnik di Negara-negara sedang Berkembang (dalam Lifestyle Ecstasy editan Idi Subandy Ibrahim). Yogyakarta: Jalasutra.

Kotler, Philip. 2010. Kotler on Marketing: Bagaimana menciptakan, Memenangi dan Mendominasi Pasar. Tangerang: Kharisma Publising.

Mack, Dieter. 2002. Sejarah Musik Jilid 4. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Mappiare, Andy. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Miles H B dan Heberman A M. 1992. Analisis Data Kualitatif (ter. Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Okatara, Bebbi. 2011. 6 Jam Jago Teknik Olah Vokal. Jakarta Timur: Gudang Ilmu.

Prier, Karl-Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Rohidi, T. R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Streger, Manfred B. 2006. Globalisme Bangkitnya Ideologi Pasar. Yogyakarta: Lafadl Pustaka.

Sumaryanto, T. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES Press.

Section
Articles