RELEVANSI GERAK TARI BEDAYA SURYASUMIRAT SEBAGAI EKSPRESI SIMBOLIK WANITA JAWA

  • Rimasari Pramesthi Putri
  • Wahyu Lestari
  • Sri Iswidayati
Keywords: suryasumirat bedhaya dance movement, symbolic expression, java women

Abstract

Gerak Tari Bedhaya Suryasumiratmenunjukan ekspresi simbolik wanita Jawa dikarenakan nilai-nilai ideal yang menjadi salah satu acuan karakter seorang wanita Jawa yang dapat ditemukan melalui penggalian dari gerak yang memiliki makna.  Metode yang digunakan kualitatif, data dikumpulkan dengan cara observasi partisipasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis mengacu teori Barthes 2009. Triangulasi digunakan sebagai pengabsahan data.Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk gerak tari Bedhaya Suryasumirat antara lain kapang-kapang, sembahan, anglir mendung, ukel karna, lumaksana ridhong sampur. Gerak tari Bedhaya Suryasumirat dimaknai dengan Wanita Jawa seyogyanya bersikap semeleh, andap asor, lembah manah, dan nyawiji Gusti murbeng dumadi. Ekspresi yang tercermin dalam Wanita Jawa meliputi mituhu, merak ati, pangreksa, tatas, titis, mrantasi.Berdasar hasil penelitian, maka disarankan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi penari dalam mengekspresikan gerak sesuai dengan makna

References

Aston, Elain dan Savona, George. 1991. Theatre as Sign-System: A Semiotics of Text and Performances. London: Routledge.

Barthes, Roland. 2009. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Cahyono, Agus. 2006. Seni Pertunjukan Arak Arakan dalam Upacara Tradisional Dugderan di Kota Semarang. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 7(3): 72-84.

Handayani, Christina S. dan Novianto, Ardhian. 2004. Kuasa wanita Jawa. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Kusmayati, A.M. Hermin. 2000. Arak-arakan Seni Pertunjukan dalam Upacara Tradisional di Madura. Yogyakarta: Tarawang Press.

Lestari, Wahyu. 2009. Nilai Etis Ruwatan Sukerta dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa: Relevansinya Bagi Penanaman Budi Pekerti Masyarakat. Disertasi pada Program Studi Ilmu Filsafat, Jurusan Ilmu-Ilmu Humaniora, Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Malarsih. 2005. Peranan Komunitas Mangkunegaran dalam melestarikan Tari Gaya Mangkunegaran. Tesis pada Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta.

Paku Buwana V. 2006. Tambangraras Amongraga Centhini Jilid V (diterjemahkan oleh Gadjah Mada University Press). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

------------. 2006. Tambangraras Amongraga Centhini Jilid IX (diterjemahkan oleh Gadjah Mada University Press). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prabowo, Wahyu Santoso. 1990. Bedhaya Anglirmendhung Monumen Perjuangan Mangkunegara I 1757-1988. Tesis pada Program Studi Sejarah Jurusan Humaniora Fakultas Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Rini, Yuli Setio. 1997. Kajian Sistem Pembinaan Seni Tari Gaya Istana Surakarta Pada masa Susuhunan Pakubuwana X (1893-1939). Tesis pada Program Pascasarjana UGM.

Rochana Widyastutieningrum, Sri. 2004. Sejarah Tari Gambyong: Seni Rakyat Menuju Istana. Surakarta: Etnika.

Rohidi, Tjejep Rohendi. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung :Pustaka.

Sriyadi. 2003. Sekilas Tentang Tari Klasik Gaya Surakarta. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 4(3): 62-74.

Suharji. 2001. Bedhaya Suryasumirat Di Pura Mangkunegaran Surakarta. Sebuah tesis untuk Program Studi Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Jurusan Ilmu-ilmu Humaniora Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Suharji. 2003. Bedhaya Suryasumirat dan Politik Kebudayaan di Pura Mangkunagaran Surakarta. Jurnal Mudra STSI Surakarta, 12(2): 54-68.

---------. 2009. Dampak Perubahan Sistem Nilai Terhadap Tari Bedhaya Surya Sumirat Sebagai Kreativitas Tari Bedhaya Baru di Mangkunegaran. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 9(3): 68-79.

Suharti, Theresia. 1990. Tari Di Mangkunegaran Suatu Pengaruh Bentuk dan Gaya Dalam Dimensi Kultural 1916-1988. Tesis untuk Program Studi Sejarah Jurusan Ilmu-ilmu Humaniora Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Sumarsan. 2002. Hayatan Gamelan : Kedalaman Lagu, Teori dan Perspektif. Surakarta :STSI Press.

Utina, UsrekTani dan Lestari, Wahyu. 2006. Efektivitas Pergelaran Tari Bagi Mahasiswa Sendratasik UNNES. Harmonia Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 10(1): 42-54.

Section
Articles