PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF KOOPERATIF MUSIK RITMIS BERBASIS MULTIMEDIA DI SMA NEGERI 3 PATI
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran pada mata pelajaran Seni Musik di SMA N 3 Pati perlu sebuah desain yang inovatif berbasis komputer sehingga bisa menimbulkan daya tarik tersendiri dan akhirnya bisa memotivasi siswa dalam pembelajaran. Pemunculan ide media pembelajaran yang inovatif berbasis komputer mengacu pada tujuan pembelajaran yang tercantum di dalam Silabus, dan dijabarkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian bertujuan: 1) menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mata pelajaran Seni Musik pokok bahasan musik ritmis kelas X semester 2 yang valid; dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dari aspek perangkat pembelajaran, materi ajar, media peraga, dan aspek daya tarik untuk pembelajaran musik ritmis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Setelah melalui tahap perencanaan dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil produk diujicobakan kepada siswa dengan membandingkan nilai pre-test dan pos-test. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data ahli media, dan tanggapan siswa terhadap daya tarik media peraga musik ritmis berbasis multimedia. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media serta lembar angket untuk subjek uji coba. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah: 1) pengembangan media pembelajaran berbasis komputer melalui tahap analisis kebutuhan, desain, hasil produk media peraga, uji coba, dan revisi penyempurnaan; 2) kualitas media ditinjau dari aspek materi termasuk kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 4,38; 3) kualitas media ditinjau dari aspek tampilan termasuk kriteria baik dengan rata-rata skor 4,00; 4) tanggapan siswa tentang daya tarik media termasuk kriteria menarik dengan rata-rata total skor 4,10; dan 5) terjadi peningkatan rata-rata perbandingan skor pre-test sebesar 34,40 dengan uji coba post-test dari 40 siswa (76%) telah mencapai ketuntasan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan penelitian pengembangan media pembelajaran inovatif kooperatif musik ritmis berbasis multimedia dapat disarankan pengembangan pembelajaran berbasis komputer (multimedia) perlu dilakukan lebih lanjut agar pembelajaran musik lebih menarik, sehingga berdampak positif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Abstract
The innovation is needed to improve learning media IT-based in Music subject at SMA N 3 Pati that will lead to students’ motivation. The ideas and application should be based on syllabus and lesson plan. This study aims to: 1) create a valid learning media IT-based for rhythmic music subject for ten grade, 2nd semester 2) observe the media feasibility of learning instrument, model, and stimuli of rhythmic music. This research is research and development model. The initial product is produced after planning step and verified by the experts. The result is tested to the students by comparing the score of pre and post test. The data are from the experts, and students’ response to rhythmic music multimedia based. The instruments are evaluation sheet for matter and media expert also questionnaire for the subjects. The data analysis is using descriptive analysis. The result shows: 1) The development is achieved through the analysis of need, design, result of product, error and trial, and revision; 2) The media quality seen from material aspect shows very good category with the average of 4,38; 3) The media quality seen from appearance shows very good category with the average of 4,00; 4) students’ response is categorized as interesting with the average of 4,10; and 5) There’s an increasing scores of pre and post test 34,40 with 76% of 40 students have achieved passing grade. Based on the results, it is suggested that the development of IT-based multimedia needs to beimproved to create positive impact in achieving the purpose of the study.