MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA (KAJIAN KASUS) DI SMA KARANGTURI SEMARANG
Abstract
Abstrak
Moving class merupakan proses pembelajaran yang bercirikan siswa mendatangi guru di kelas, setiap pergantian pelajaran siswa berpindah-pindah ruang sesuai dengan mata pelajaran yang diikutinya. Model pembelajaran moving class pada mata pelajaran seni rupa merangsang siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, serta memberikan kesempatan pada guru untuk lebih memaksimalkan proses pembelajarannya. Beberapa kelebihan model pembelajaran moving class diantaranya: pemanfaatan media pembelajaran dengan lebih maksimal, peserta didik lebih leluasa dalam mengekspresikan kemampuannya, guru lebih punya banyak waktu untuk mempersiapkan proses pembelajaran, dan dengan model moving class peserta didik selalu aktif dalam proses pembelajaran. Penerapan model moving class dalam pembelajaran seni budaya juga merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan kemandirian siswa, sehingga dampak yang muncul siswa tidak hanya mampu menguasai materi pelajaran, tapi juga mampu membangun karakter siswa, khususnya dalam aspek kemandirian. Bentuk penanaman nilai-nilai kemandirian melalui model pembelajaran moving class pada mata pelajaran seni rupa yaitu dalam bentuk apresiasi dan berkreasi karya seni rupa. Nilai-nilai kemandirian yang terkandung dalam model pembelajaran moving class pada mata pelajaran seni rupa meliputi: nilai kedisiplinan, keberanian, percaya diri, tanggungjawab, cakap & terampil.
Abstract
Moving class is a learning process in which students attend their teachers, they will move the class when the lesson changed. Moving class in fine arts triggers students to be active and creative, also give the chance to the teachers to optimize the learning process. There are some benefits in having moving class: The optimum use of facilities and students creativity; Prepared material for the teacher; and The activeness of students in moving class. Moving class is an attempt to trigger students’ self autonomous that lead into character building. The application of this self autonomous is realized by the appreciation and creation of fine arts. Whereas The values of them are realized by discipline, bravery, confidence, and competence.