MODEL PEMBELAJARAN MOVING CLASS MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA (KAJIAN KASUS) DI SMA KARANGTURI SEMARANG

  • Ahmad Sumindar Prodi Pendidikan Seni,Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Lestari Prodi Pendidikan Seni,Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Moving class, Cultural Arts, Autonomy

Abstract

Abstrak

Moving class merupakan proses pembelajaran yang bercirikan siswa mendatangi guru di kelas,  setiap pergantian  pelajaran siswa  berpindah-pindah ruang sesuai dengan mata pelajaran yang diikutinya. Model pembelajaran moving class pada mata pelajaran seni rupa merangsang siswa menjadi lebih aktif  dan kreatif, serta memberikan kesempatan pada guru untuk lebih memaksimalkan proses pembelajarannya. Beberapa kelebihan model pembelajaran  moving class  diantaranya: pemanfaatan media pembelajaran dengan lebih maksimal, peserta didik lebih leluasa dalam mengekspresikan kemampuannya, guru lebih punya banyak waktu untuk mempersiapkan proses pembelajaran, dan dengan model moving class peserta didik selalu aktif   dalam proses pembelajaran.  Penerapan model moving class dalam pembelajaran seni budaya juga merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan kemandirian siswa, sehingga dampak yang muncul siswa tidak hanya mampu menguasai materi pelajaran, tapi juga mampu membangun karakter siswa, khususnya dalam aspek kemandirian. Bentuk penanaman nilai-nilai kemandirian melalui model pembelajaran  moving class pada mata pelajaran seni rupa yaitu dalam bentuk apresiasi dan berkreasi karya seni rupa. Nilai-nilai kemandirian yang terkandung dalam model pembelajaran moving class pada mata pelajaran seni rupa meliputi: nilai kedisiplinan, keberanian, percaya diri, tanggungjawab, cakap & terampil.

Abstract

Moving class is a learning process in which students attend their teachers, they will move the class when the lesson changed. Moving class in fine arts triggers students  to be active and creative, also give the chance to the teachers to optimize the learning process. There are some benefits in having moving class: The optimum use of  facilities and students creativity; Prepared material for the teacher; and The activeness of  students in moving class. Moving class is an attempt to trigger students’ self  autonomous that lead into character building.  The application of  this self  autonomous is realized by the appreciation and creation of  fine arts. Whereas The values of  them are realized by discipline, bravery, confidence, and competence.

Published
2012-12-01
Section
Articles