PENGEMBANGAN SISTEM SCALE CHORD DALAM PEMBELAJARAN HARMONI MANUAL PADA PROGRAM STUDI MUSIK GEREJA SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI SENTANI JAYAPURA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem Scale Chord matakuliah Harmoni Manual dengan mengkonversikan sistem penotasian dari notasi balok ke-notasi angka disertai dengan simbol-simbol akor, penjarian dan pertandajarian sehingga mempermudah mahasiswa dalam belajar keyboard. Hasil penelitian menunjukkan:(1) pengembangan Sistem Scale Chord pembelajaran Harmoni Manual yang mengadopsi model (Borg & Gall) menghasilkan system Scale chord yang, praktis; (2) jenis informasi yang diperoleh ketika model Scale Chord diterapkan adalah hasil pengamatan dan penilaian kemampuan, pemahaman terhadap keterampilan proses sistem scale chord dan kualitas produk; (3) pemanfaatan pokok hasil penilaian Sistem Scale Chord digunakan sebagai umpan balik kepada mahasiswa dan refleksi bagi Dosen Harmoni manual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran; (4) tingkat keterlaksanaan dan efektivitas Sistem Scale Chord dalam pembelajaran Harmoni manual cukup tinggi. Hal ini terbukti baik dari hasil pengamatan langsung maupun hasil-hasil empirik. (5) ditemukan adanya perbedaan yang signifikan dibandingkan model konvensional (Pilling).
Abstract
This study aims to develop a system of course Harmony at the Keyboard Scale Chord by converting the system of notation beam the notation numbers along with chord symbols, and fingerings that facilitate students in learning the keyboard.The results showed: (1) developing the learning Chord Scale System adopted Harmony at t the keyboard type of information that is obtained when applied Chord Scale models are the result of observation and assessment skills, understanding the chord scale systems process skills and the quality of the product, (3) the principal use of assessment results chord Scale system is used as feedback to students and lecturers reflection for Harmony at the keyboard to enhance learning effectiveness, (4) the level and effectiveness chord Scale systems in learning Harmony manual is quite high. It is evident from the results of direct observation and empirical results. (5) found a significant difference compared to conventional models (Pilling).