EFEKTIFITAS MEDIA E-LERNING BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI KELAS X

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gema Arief Wicaksana
Sri Nurhayati
Edy Cahyono

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam materi hidrokarbon dan minyak bumi siswa kelas X setelah menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Chemo-Edutainment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 4 Semarang tahun 2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling.. Setelah dikenai perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen dan kontrol diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 81,91 dan kelas kontrol 76,28. Untuk uji ketuntasan belajar didapat pada kelas eksperimen thitung>ttabel yaitu 10,96 dari ttabel 2,03. Pada kelompok Kontrol juga di dapat thitung>ttabel yaitu 7,4 dari ttabel 2,03. Pada uji peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dengan peningkatan nilai sebesar 44,41 sedangkan kelas kontrol 38,94. Pada uji sigifikansi pos tesdua kelas didapat hasil- ttabel>thitung>ttabel yaitu pada -12,70<7,62 <12,70.

 

Abstract

This study aims to determine the improvement of learning outcome in the matter of hydrocarbon and petroleum from class X after using E-Learning instructional media based Chemo-Edutainment. Population study was SMAN 4 Semarang class X. Sampling using Purposive Random Sampling. Following are treated differently in the experiment known to average learning result experimental class and control class   and control classes are 76.28 and 81.91. The mastery of learning test obtained in the experiment class thitung > ttable they are 10.96 from 2.03. In the control group also obtained thitung > ttableis 7.4 out of t table 2.03. In the increase learning outcomes test experiments class leading with increasing value of 44.41 while the control class 38.94.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ali, A. 2005. Issues & challanges in implementing E-learning in malaysia. Journal Open University Of Malaysia, 10(3): 53-63
Bisri K, Samsudi, Supraptono.2009. Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran E-Learning Berbasis Browsed Based Training Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Pemeliharaan/Servis Transmisi Manual Dan Komponen. Jurnal PTM Volume 9, 5(2): 37-42
Miftakhudin. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Pendekatan Chemo-Edutainment (CET) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Termokimia Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Semarang Tahun Pelajaran 2007/2008. skripsi. jurusan kimia: jurusan kimia FMIPA Unnes
Oktaffianto,Y. 2008. Pengaruh Penggunaan CD Game Flash Sebagai Media Pembelajaran Berwawasan Chemo-Edutaiment (CET) terhadap hasil belajar kelas X semester II SMA 14 Semarang. Skripsi.Semarang :jurusankimia FMIPA Unnes.
Prihantono, 2008. Pembelajaran Kimia Materi Pokok Minyak bumi dengan Media Chemo-Edutaiment (CET) Visualisasi Gambar berwarna pada siswa Kelas X semester II SMA 4 Semarang.Skripsi.Semarang:Jurusan Kimia FMIPA Unnes
Saputra H, Dwi P. 2010. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Terapan I Pada Mahasiswa Program Diploma Iii Teknik Elektro Unnes Dengan Metode Pemberian Tugas Melalui E-Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 27, 10(1) :72-77
Supartono.2006. Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP), Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>