PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA TRANSVISI UNTUK MENINGKATKAN KPS DAN HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indah Puji Rahayu
Sudarmin Sudarmin
Wisnu Sunarto

Abstract

Paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered) menuntut dan menantang guru untuk dapat memberdayakan siswa agar memiliki keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan penerapan model PBL pada mareti larutan elektrolit-nonelektrolit dan konsep redoks berbantuan media transvisi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Randublatung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh kelas X.A sebagai kelas eksperimen dan kelas X.C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dan peningkatan yang signifikan penerapan model PBL berbantuan media transvisi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh penerapan model PBL berbantuan media transvisi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa masing-masing 62,39% dan 49,43%. Peningkatan secara signifikan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan harga t paired berturut-turut 21,99 dan 28,21 lebih besar dari t tabel 2,03. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model PBL pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit dan konsep redoks berbantuan media transvisi memberikan pengaruh dan peningkatan terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Randublatung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Akinbobola, A.O. & F. Afolabi. 2010. Analysis of Science Prosess Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research 5(4): 234-240.

Akinoglu, O. & R. O. Tandogan. 2007. The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students’ Academic Achievement, Attitude and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1): 71-81. Tersedia di http://www.ejmste.com/ [diakses 01-04-2012 pukul 15.43 WIB].

Amir, T. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Bilgin, I., E. Senocak, & M. Sozbilir. 2009. The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(2): 153-164. Tersedia di http://www.ejmste.com/ [diakses 16-02-2012 pukul 15.34 WIB].

Feyzioglu, B. 2009. An Investigation of the Relationship between Science Process Skills with Efficient Laboratory Use and Science Achievement in Chemistry Education. Journal of Turkish Science Education, 6(3): 114- 132. Tersedia di http://www.tused.org [diakses 18-02-2012 pukul 14.36 WIB].

Ibrahim, M. & M. Nur. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press.
Oloruntegbe, K.O. & E.M. Alake. 2010. Chemistry for Today and Future Sustainability
Trough Virile problem Based Chemistry Curriculum. Australian Journal of Basic and
Applied Science 4(5):800- 807.

Rumampuk, D.B. 1988. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusnayati, H. & E. C. Prima. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &
D.Bandung: Alfabeta

Sungur, S., C. Tekkaya, & O. Geban. 2006. Improving Achievement Through Problem Based
Learning. Education Research 40(4): 155- 160.
Tarhan, L. & B. Acar. 2007. Problem-Based Learning in An Elevent Grade Chemistry Class: ‘Faktors Affecting Cell Potential’. Research in Science & Technological Education 25 (3): 351-369. Tersedia di http://1470-1138 [diakses 13-03-2012 pukul 21.06 WIB].

Tarhan, L., H. A. Kayali., R. O. Urek, & B. Acar. 2008. Problem-Based Learning in 9th Grade
Chemistry Class: ‘Intermolecular Force’. Res Sci Educ 38: 285-300. Tersedia di
http://[email protected] [diakses 17-04-2012 pukul 10.12 WIB].