DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum yang efektif untuk menganalisis ketuntasan klasikal hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development menurut Borg and Gall yang meliputi identifikasi masalah, perencanaan, pengembangan draft awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi kelayakan materi ajar yang terdiri atas komponen materi/isi, penyajian dan bahasa, lembar observasi penilaian keterampilan laboratorium dan penilaian sikap, serta soal yang digunakan untuk posttest. Uji coba lapangan menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 84,375%, atau keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% sedangkan pada tahap implementasi ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 81,25%, keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% dari jumlah siswa memperoleh skor dengan kriteria minimal baik. Secara keseluruhan, materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum dan penilaiannya efektif untuk menganalisis ketuntasan klasikal hasil belajar siswa.
Kata Kunci: hasil belajar; keterampilan laboratorium; materi ajar