Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain pada Materi Hidrolisis Garam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyu Yustisia
Sri Wardani
Nanik Wijayati
Sri Nurhayati

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan di sekolah berasal dari penerbit yang biasanya berisi ringkasan materi,soal, remedial, dan pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik LKPD berdasarkan sintaks predict, observe, explain dan menganalisis kelayakan LKPD berdasarkan validitas ahli dan reliabilitas. Penelitian ini mengacu pada pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 2 Demak kelas XI MIPA 2 sebanyak 15 orang dan XI MIPA 1 sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan data menggunakan  instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi kelayakan instrumen dan lembar angket respon tanggapan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan melalui Microsoft Exel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: lembar kerja peserta didik berbasis predict, observe, explain pada materi hidrolisis garam sangat layak digunakan berdasarkan penilaian dari validator ahli dengan rerata skor sebesar 47, memperoleh respon positif dari peserta didik sebesar 42,87 menyatakan bahwa LKPD berbasis predict, observe, explain layak digunakan dengan  kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini diperoleh produk lembar kerja peserta didik berbasis predict, observe, explain pada materi hidrolisis garam dinyatakan layak, reliabel serta dapat digunakan dalam pembelajaran kimia sesuai dengan sintaks POE.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##