KESALAHAN MENULIS HIRAGANA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK (SMA Negeri 1 Purwareja KlampokのXIの言語のクラスの学生のひらがなを書く誤用)
Keywords:
Kesalahan, menulis hiragana
Abstract
Hiragana menjadi salah satu huruf yang dipelajari oleh pembelajar di awal pembelajaran bahasa Jepang. Bentuk karakter-karakter hiragana yang rumit, sulit untuk dihafal oleh pembelajar karena banyaknya huruf dalam hiragana yang harus dipahami menjadi salah satu alasan pembelajar merasa sulit sehingga banyak pembelajar mengalami kesalahan dalam penulisan hiragana. Adanya kemiripan huruf satu dengan yang lain serta kaidah penulisan yang harus dipahami semakin membuat pembelajar enggan untuk mempelajari apalagi memperdalam penguasaan tentang hiragana tersebut. Oleh karena itu, masih banyak kesalahan dalam menulis hiragana. Itulah yang melatar belakangi penelitian mengenai “Kesalahan Menulis Hiragana Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan menulis hiragana yang dilakukan siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan menulis hiragana.References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hayashi, Ooki dkk. 1990. Nihongo Kyouiku Handobukku. Tokyo: Taishukan Shoten
Sudjianto, A Dahidi. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 1988. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Widiyanti, Neni. 2005. Belajar Bahasa Jepang Dengan Mudah.Yogyakarta: Media Abadi