EFEKTIVITAS BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Usia prasekolah merupakan usia yang tepat untuk mengembangkan berbagai potensi termasuk potensi berbahasa.. Namun tidak semua anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya dengan baik. Tekanan-tekanan dari luar dirinya dapat menghambat perkembangan kemampuan berbahasa anak. Dibutuhkan stimuli yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani, salah satunya adalah Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa kelompok B TK X Semarang tahun ajaran 2012/2013 dengan karakteristik siswa laki-laki dan perempuan berusia 5-7 tahun, dan pendidikan terakhir Ibu adalah perguruan tinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Subjek penelitian berjumlah 60 anak. Data penelitian diambil menggunakan rating scale. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen setelah dilakukan posttest dan ada perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen setelah brain gym diberikan. Brain Gym terbukti efektif meningkatkan kemampuan berbahasa anak prasekolah. Diharapkan siswa dapat terus melakukan Brain Gym agar hasil lebih maksimal.
Preschool age is the right age to develop the potential of including the potential language. However, not all children can develop language skills well. Pressures from outside himself may inhibit the development of a child's language skills. It takes stimuli that can help improve language skills of preschoolers in a fun way and not burden, one of which is the Brain Gym. This study aims to determine the effectiveness of Brain Gym in improving the language skills of preschoolers. This research is quantitative experimental. The study population was a group B students Kindergarten X Semarang academic year 2012/2013 with the characteristics of boys and girls aged 5-7 years, and last Mother's education is college. The sampling technique used total sampling. Subjects numbered 60 children. The data were taken using rating scale. The results showed significant difference between the control and experimental groups after the posttest and significant difference in the pretest and posttest results of the experimental group after Brain Gym was given. Brain Gym proven effective in improving language skills of preschoolers. Students are expected to continue to do Brain Gym in order to maximize results.