HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK PRA SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecenderungan pola asuh yang digunakan orang tua di Negmplak Bawen, mengetahui gambaran tingkat temper tantrum dan mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua dengan temper tantrum pada anak pra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah subjek 88 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Pengukuran menggunakan dua skala yaitu skala pola asuh orang tua dan skala temper tantrum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas temper tantrum pada anak pra sekolah tergolong sedang. Pola asuh yang digunakan cenderung otoriter. Terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dan pola asuh permisif dengan temper tantrum pada anak pra sekolah. Dapat disimpulkan bahwa anak yang dibesarkan dengan pola asuh demokatis memiliki intensitas temper tantrum yang lebih rendah dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dengan pola asuh otoriter dan permisif.
Â
Â
This research has purpose to find the preference picture of parenting which is used by the parents in Ngemplak Bawen. to find the grading pictures of temper tantrum and to find that there is a relation between parenting with the temper tantrum of preschool child. This research used quantitative method. The amount of subjects is 88 people. Sampling technique which is used is total sampling. The measuring used two scales, there are scale of parenting and scale of temper tantrum. The result of research showed that te temper tantrum intentity of preschool is medium, the parenting is use by parents was inclined authoritative parenting. There is a relation between authoritative parenting and permissive parenting with temper tantrum of preschool child. It can be concluded that the child which is grow up with democratic parenting has the lower intensity of temper tantrum compared with the child which is grow up with authoritative and permissive parenting.