OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI BERBASIS E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015

  • Fadhilah Ramadhani Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yaenal Arifin Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: E-Commerce, ASEAN Economic Community, SMEs

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia. Terbukti, pada tahun 2005 jumlah unit UMKM sebanyak 47,1 Juta unit dengan proporsi 99,9 persen dari total unit usaha, dengan penyerapan tenaga kerja 96,18 persen pada tahun 2007 . Namun hal ini tidak sebanding dengan output yang dihasilkan, sehingga diperlukan media pengembangan pemasaran untuk produk UMKM. Berdasarkan permasalahan tersebut bahwa pada dasarnya UMKM memiliki keterbatasan dalam mengakses informasi pasar, sehingga diperlakukan teknologi Informasi komunikasi (TIK) berbasis E-commerce sebagai media pemasaran. Dengan demikian, diharapkan dapat menjadi solusi pemasaran untuk meningkatkan produk UMKM dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Micro, small and medium enterprises (SMEs) constitute the largest group of economic actors in the Indonesian economy. Evidently, in 2005 the number of MSME units as much as 47.1 million units with 99.9 percent of the total proportion of business units, with 96.18 per cent of employment in 2007. However this is not comparable to the output, so that the necessary media marketing to product development of SMEs. Based on these problems that are basically SMEs have limited access to market information, thus treated information technology communication technology (ICT)-based E-commerce as a marketing medium. Thus, it is expected to be a solution to improve product marketing SMEs in the face of the ASEAN Economic Community by2015.

References

Departemen Koperasi dan UMKM. (2006). Peraturan Pemerintah Nomer 32 Tahun 1998 Tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil.

Effendi Ishak. 2005. Artikel : Peranan Informasi Bagi Kemajuan UKM. Harian Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.

Kemenkop dan UKM. 2010. Peran Pemerintah Menyiapkan Jalur Pembinaan dan Akselerasi Para Calon Industriawan/Koperasi dan UKM Digital. Diseminarkan pada Konfrensi INAICTA 2010. http://www.inaicta.web. id/kategori/unduhan/

Kompas, 2002. Prospek Pengembangan UMKM. Desember 2002.

M. Suyanto. 2005. Artikel: Aplikasi IT untuk UKM Menghadapi Persaingan Global. Kedaulatan Rakyat. Yogyakarta.

www.bps.go.id diakses pada tanggal 15 april 2013

How to Cite
Ramadhani, F., & Arifin, Y. (1). OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI BERBASIS E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i2.1401