PELEPAH PISANG SEBAGAI MEDIA BERKARYA KALIGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PECANGAAN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah,: (1) Mendeskripsikan pembelajaran berkarya kaligrafi dengan media pelepah pisang pada siswa kelas VIII SMP N 2 Pecangaan. (2) Mendeskripsikan hasil karya siswa kelas VIII SMP N 2 Pecangaan dalam berkarya kaligrafi dengan media pelepah pisang, (3) Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan pelepah pisang sebagai media berkarya kaligrafi di SMP N 2 Pecangaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Bentuk pembelajaran dilakukan dalam 2 tahap yaitu pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2. Tiap pengamatan terkendali terdiri dari 3 kali pertemuan yang digunakan untuk menyampikan materi dan kegiatan berkarya kaloigrafi. Model pembelajaran menggunakan model Teacher Centered Strategis (TCS). (2) Hasil karya kaligrafi pada pengamatan terkendali 1 menunjukkan rata-rata cukup dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan nilai rata-rata baik. Hal ini ditandai dari 34 siswa memperoleh nilai rata-rata 66, 9, sedangkan pada pengamatan terkendali 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 75,8. (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat kendala meliputi kondisi pembelajaran yang kurang kondusif, penyesuaian siswa dengan media berkarya baru, dan tidak adanya ruang khusus kesenian.

https://doi.org/10.15294/eduart.v7i1.34967
pdf