GAMBAR KARTUN WAYANG PUNAKAWAN PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SMP DARUL FIKR ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Abstract

Ada banyak cara yang dapat dilakukan guru dalam membelajarkan seni rupa di sekolah, terkhusus pada pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik manual. Salah satu cara unik yang dapat dilakukan oleh guru yaitu penggunaan gambar kartun wayang sebagai media dalam pembelajaran menggambar
ilustrasi. Masalah penelitian meliputi (1) bagaimana proses pembelajaran menggambar ilustrasi? (2) bagaimana hasil karya gambar ilustrasi? dan (3) bagaimana kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi dengan media gambar kartun wayang punakawan pada siswa kelas VIII D di SMP Darul Fikr Andong Kabupaten Boyolali? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji proses pembelajaran menggambar ilustrasi kelas VIII D di SMP Darul Fikr Andong. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat hanya formalitas saja. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Penilaian yang digunakan guru hanya keterampilan siswa. Kedua, terdapat  12 atau 46,2% siswa meniru objek tokoh dari media guru, sedangkan 14 atau 53,8% siswa membuat tokoh dengan mengasah ide gagasannya sendiri. Ketiga, terdapat kendala dalam pembelajaran namun tidak ada kesulitan yang begitu berarti. Saran bagi Jurusan Seni Rupa dan guru hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sebagai literasi.

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i2.38516
pdf