PERSEPSI GURU TK AL-AZHAR 14 SEMARANG TERHADAP EKSPRESI ESTETIK ANAK DAN PEMBELAJARANNYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan mengenai persepsi guru di TK Al-Azhar 14 Semarang terhadap ekspresi estetik anak di TK dan menjelaskan persepsi guru di TK Al-Azhar 14 Semarang terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan ekspresi estetik anak di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan data tambahan yaitu kuisoner untuk memperkuat hasil dari penelitian. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen grafis, foto-foto, rekaman, dan video. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas yang meliputi triangulasi sumber dan teknik serta member check, uji transferability, uji dependenability, dan uji comfirmability. Hasilpenelitian menunjukkan beberapa hal: (1) persepsi guru TK Al-Azhar 14 semarang dalam hal ide atau gagasan menyatakan bahwa guru lebih mengerti dan memahami ekspresi estetik gambar anak secara umum ketimbang ekspresi estetik gambar anak secara lebih spesifik, sedangkan persepsi guru terhadap karakteristik/corak gambar anak menunjukkan bahwa guru lebih mengerti karakteristik/corak gambar anak seperti hasil dari goresan anak yang memiliki makna, corak gambar dibuat berdasarkan kepribadian anak, mengetahui tentang gambar anak memiliki tahapan-tahapan tetapi belum menegaskan secara spesifik apa saja tahapan-tahapannya, tipe-tipe gambar anak, dan sebagainya, (2) persepsi guru terhadap materi pembelajaran yang berkaitan dengan ekspresi estetik anak mengarah kepada materi pembelajaran yang berkaitan dengan ekspresi estetik anak dalam konteks yang lebih umum ketimbang materi pembelajaran yang berkaitan dengan ekspresi estetik anak.

pdf