PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI BERBASIS APLIKASI IBIS PAINT X UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANYAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi kondisi dan kebutuhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karanganyar terhadap pengembangan e-Modul pembelajaran menggambar ilustrasi; 2) menjelaskan prosedur pengembangan media e-Modul pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis Aplikasi Ibis Paint X; 3) menganalisis keberhasilan pembelajaran impelementasi e-Modul pembelajaran menggambar ilustrasi berbasis Aplikasi Ibis Paint X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada adaptasi model Reseach & Development oleh Sugiono dengan beberapa langkah yang dilakukan yaitu studi pendahuluan, pembuatan sumber belajar, uji coba terbatas, revisi produk sumber belajar, implementasi sumber belajar dan evaluasi pembelajaran. Angket serta hasil karya siswa merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif, dikumpulkan berupa uraian dari data validator. Elektronik modul melalui tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil uji validasi media 3,5 dan hasil validasi ahli materi sebesar 3,7 dan masuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba terbatas pada kelas 8E mendapatkan jumlah presentase 93% yang termasuk dalam kriteria sangat tertarik, sedangkan pada tahap uji coba skala besar pada kelas 8B dan 8C mendapatkan hasil presentase yang mengalami peningkatan dengan jumlah 96% dengan kriteria sangat tertarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar ini efektif ditunjukkan dari hasil respon siswa yang sangat tertarik, aktivitas di dalam kelas dinilai sangat tampak dan keberhasilan belajar siswa dalam materi menggambar ilustrasi berbasis aplikasi Ibis Paint X tuntas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

pdf