KREASI SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA 2 DIMENSI PROYEK “MASKARA” DI MAN 1 SEMARANG

Abstract

Materi pembelajaran seni rupa pada MAN 1 Semarang baik teori dan paktek disusun dengan rapi dan selalu mengusung tema yang unik, salah satunya pada pembelajaran berkarya seni rupa materi KD 4.1 berkarya seni rupa 2 dimensi dengan memodifikasi objek pada kelas XI yaitu proyek “MASKARA”. Penelitian ini bertujuan mengetahui lebih rinci bagaimana proses dan hasil dari kreasi siswa pada pembelajaran berkarya seni rupa proyek MASKARA di MAN 1 Semarang.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-studi kasus yang dilakukan melalui pengamatan langsung di lapangan.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi . Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini berupa rincian proses dan hasil pembelajaran seni rupa project “MASKARA” pada MAN 1 Semarang. Tahapan proses kreasi siswa dari pengenalan konsep dan tema hingga terciptanya hasil karya MASKARA siswa merupakan produk dari penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi insprirasi untuk guru dan calon guru seni rupa dalam melakukan serangkaian proses pembelajaran, dan menjadi inspirasi konsep tugas berkarya seni rupa.

pdf