UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR

Main Article Content

Dian Ratna Puspitasari

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran ceramah dalam kelas X TKI SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen menyebabkan tidak terasahnya berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga hasil belajar siswapun dapat naik pada mata pelajaran jaringan dasar melalui penerapan problem based learning. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek memberikan penjelasan dasar dan menyimpulkan termasuk kategori sangat baik sedangkan membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi taktik termasuk kategori baik. Meningkatnya berpikir kritis siswa, meningkatkan hasil belajar sebelum penelitian dengan nilai 69,47 menjadi 73,10 pada siklus I dan 87,44 pada siklus II. Simpulan penelitian adalah melalui penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat pula. Saran bagi guru untuk melakukan pengawasan pada saat penyelidikan mandiri dan diskusi agar aktivitas siswa dan hasil yang diperoleh lebih optimal.

Article Details

Section
Articles