FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN SISWA

Main Article Content

Chandra Wicaksono

Abstract

Manusia memerlukan kekuatan atau dorongan dari dalam dirinya agar perbuatan atau kegiatannya dapat terlaksana. Hubungan sosial sangat dibutuhkan dan mempengaruhi kinerja akademis siswa. Hubungan sosial bisa berupa hubungan dengan orang tua, guru, maupun teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan hubungan sosial terhadap kemandirian belajar kompetensi kejuruuan siswa dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK N I Rembang tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 35 siswa. Dan seluruh populasi 35 siswa untuk sampel penelitian. Variabel yang diteliti ada tiga yaitu Motivasi Belajar(X1), dan Hubungan Sosial(X2) sebagai variabel bebas dan Kemandirian Belajar Kompetensi Kejuruan sebagai variabel terikat (Y). Berdasarkan analisis regresi diperoleh Y = 4.389 + 0.693X1 + 1.1055X2 dengan koefisien korelasi X1 sebesar 0,693 dan X2 1,1055 yang diuji keberartiannya menggunakan uji F dan diperoleh Fhitung Motivasi Belajar (X1)2.334 dengan signifikasi > α (0,49 > 0,01), dan Fhitung Hubungan Sosial (X2) 0,588 dan signifikansi > α (0,828 > 0,01), yang berarti Ha telah teruji atau dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan hubungan sosial terhadap kemandirian belajar kompetensi kejuruan. Besarnya pengaruh motivasi belajar dan hubungan sosial terhadap kemandirian belajar kompetensi kejuruan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri I Rembang sebesar 29.37% dan 21.34%, sedangkan sisanya 49.29% dipengaruhi oleh faktor lain.

Article Details

Section
Articles