EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA DIKLAT PENGUKURAN BESARAN LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pada mata diklat pengukuran besaran listrik untuk peserta didik kelas X prodi TITL di SMK N 3 Semarang. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL 3 SMK Negeri 3 Semarang tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 35 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata- rata hasil belajar pada siklus I 73,04 (KKM tidak tuntas) dan pada siklus II 77,43 (KKM tuntas). Secara persentase ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I 57,14% (belum berhasil) dan pada siklus II 85,71% (berhasil). Keberhasilan hasil belajar ini juga diikuti adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I 57,81% (cukup baik) dan pada siklus II 92,19% (baik) dan aktivitas peserta didik dari siklus I 63,24% (tidak tuntas) menjadi 84,55% (tuntas) pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan efektif pembelajarannya tinggi, ini memperlihatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat diimplementasikan pada mata diklat pengukuran besaran listrik untuk peserta didik kelas X prodi TITL di SMK N 3 Semarang.