MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERALATAN TEGANGAN TINGGI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Main Article Content

Erwin Alexandra

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah merambah ke dunia pendidikan. Salah satunya dapat dilihat dari penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran adalah salah satu unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan pembelajaran yang selama ini diterapkan pada mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang sudah cukup baik, namun masih ada beberapa kendala yaitu kesulitan dosen dalam menjelaskan komponen-komponen peralatan tegangan tinggi di dalam kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran peralatan tegangan tinggi.Kelayakan media pembelajaran peralatan tegangan tinggi dievaluasi berdasarkan tiga kriteria, yaitu kriteria kualitas teknis, kriteria tampilan program dan kriteria pendidikan. Uji kelayakan media dilakukan pada 30 mahasiswa Jurusan Teknik Elektro yang telah menempuh mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi, dan 4 dosen pakar media Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 3 dosen pakar media dari Jurusan Teknik Elektro dan 1 dosen pakar media dari Jurusan Seni Rupa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan pedoman penilaian acuan patokan.Hasil penelitian didapatkan media pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran empat kompetensi dasar mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi yaitu mahasiswa memahami fungsi alat-alat gardu induk, mengkaji pemutus daya, saklar pemisah dan pelindung tegangan lebih. Pada kualitas teknis, media dapat dijalankan tanpa CD mendapatkan skor total 15 dan dapat dimulai dengan mudah mendapatkan skor total 14. Pada kriteria tampilan program, pemakaian warna tidak mengacaukan tampilan mendapatkan skor total 13. Pada kriteria pendidikan, media mempunyai topik yang jelas mendapatkan skor total 5 dan juga memiliki soal latihan untuk evaluasi mendapatkan skor total 4.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan yaitu isi materi, penerapan warna, gambar, dan animasi yang sesuai. Selain itu, media ini dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi. Media pembelajaran yang telah dibuat terbatas pada empat kompetensi dasar yang tertera pada silabus mata kuliah Peralatan Tegangan Tinggi. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan lagi untuk memenuhi kompetensi dasar yang lain.

Article Details

Section
Articles