Rekayasa Sistem Informasi Analisis Perkembangan Siswa dalam Layanan Bimbingan dan Konseling
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat pesat. Hal ini mendorong suatu instansi atau organisasi untuk mengikuti arus perkembangan tersebut. Bimbingan dan konseling yang merupakan salah satu komponen penyelenggara pendidikan di sekolah juga dapat menerapkan perkembangan tersebut, yaitu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. Salah satu penerapannya dengan adanya sistem informasi bimbingan dan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Sistem Informasi Analisis Perkembangan Siswa dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfallyang memiliki siklus analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, dan pengujian. Tahap pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan black-box testing, yaitu berfokus pada kebutuhan fungsional. Hasil penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Analisis Perkembangan Siswa dalam Layanan Bimbingan dan Konseling dengan fitur antara lain isi angket, analisis perkembangan siswa, dan laporan data siswa. Hasil dari black-box testingmenunjukkan sistem berjalan sesuai desain.