Pengembangan Sistem Informasi Usaha Untuk Promosi Produk, Jasa, dan Lokasi Tempat Usaha

Main Article Content

Imam Khanafi

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan banyak alternatif baru dalam melakukan pemasaran, terutama denganmenggunakan internet. Sebagaimana pemasaran konvensional, pemasaran online yang telah ada juga memiliki kekurangan.Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi usaha sebagai sebagai salah satu pemasaran onlinealternatifyang mencakup produk, jasa dan tempat usahadengan penambahan fiturberbasis lokasi, yang merupakan kelemahan pemasaran online tetapi kelebihan pemasaran konvensional. Pengembanganmenggunakanmodel spiral dilaksanakan sebanyak tiga siklus, dengan tiap siklus melewati tahap komunikasi pengguna, perencanaan, analisis resiko, kontruksi dan peluncuran, serta customer evaluation. Pada tahap customer evaluation, populasi yang diteliti adalah masyarakat Kabupaten Kudus. Jumlah sampel pada siklus pertama berjumlah sepuluh responden, pada siklus kedua berjumlah 35 responden. Pengambilan sampel pada keseluruhan siklus menggunakan simple random sampling. Hasil pengembangan berdasarkan customer evaluation pada siklus pertama, 70% responden merasa terbantu untuk mempromosikan usahanya dan 80% responden akan menjadikan sebagai alternatifmencari usaha disekitar. Sedangkan Customer evaluation pada siklus kedua, uji penerimaan oleh pengguna mendapat nilai 86,79%.


Kata kunci : Model Pengembangan Spiral,Website, Sistem Informasi Berbasis Lokasi,Promosi Usaha.

Article Details

Section
Articles