Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantu 3D AURORA Pada Materi Ajar Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Excel Siswa Kelas VIII SMP N 2 Batang

Main Article Content

Desi Rahmadini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pembelajaran Kontekstual berbantu 3D Aurora mampu meningkatkan kemampuan siswa dan mengetahui sikap siswa berdasarkan penilaian afektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Batangtahun 2015/2016.Sampel penelitian ini dipilih secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas VIII Bsebagai kelas eksperimen dan VIII Csebagai kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 76,89dan kelas kontrol 72,77. Kesimpulan dalam penelitiam ini adalah nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Kontekstual berbantu 3D Aurora dalam kompetensi dasar Mengidentifikasi Fungsi menu dan ikon microsoft excel meningkat dibandingkan nilai hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan metode ceramah. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru bervariasi dalam pembelajarandengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik ,mampu mengkolaborasikan metode mengajar dengan media pembelajaran, serta diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran Kontekstual berbantu 3D Aurorapada materi ajar selanjutnya.

Article Details

Section
Articles