PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF YANG BERKUALITAS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA N 1 BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas untuk Mata Pelajaran Geografi kelas X di SMA N 1 Boja Kabupaten Kendal. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa . Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Instrumen penilaian menggunakan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R & D. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus deskriptif persentatif, validitas, reliabilitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan dari telaah tim ahli, instrumen berkriteria layak dengan persentase rata-rata 76% dan hasil telaah guru memiliki kriteria sangat layak dengan persentase 82%. Sedangkan dari hasil uji coba kelompok kecil daya beda instrumen 85% item pernyataan baik, 63% pernyataan valid dan instrumen reliabel dengan r11=0,614. Setelah instrumen diperbaiki, instrumen digunakan untuk uji lapangan dengan responden 65 siswa dan hasilnya daya beda 87% baik, 87% pernyataan valid dan reliabilitas tetap yaitu 1,00. Dari hasil uji lapangan diperoleh instrumen penilaian domain afektif yang berkualitas dan telah teruji.
This study aims to generate models of assessment instruments affective domain of quality for Geography Lesson class X in SMA N 1 Boja Kendal. Subjects numbered 65 students. Data collection techniques documentation and questionnaires. Assessment instruments using Likert scale. The method used is methods of research and development or R & D. Analysis of the data used is using descriptive formula persentatif, validity, reliability and the t test. The results showed of the study team of experts, instrument worthy criteria with an average percentage of 76% and the review of teachers have a decent criteria with a percentage of 73%. While the results of a small trial group 85% power different instruments either statement items, 63% valid statement, and reliable instrument with r11 = 0,614. After the repaired instruments for field testing with respondents 65 students and the results are 87% better power difference 87% valid and reliability of the statement that is 1,00. From the results of field tests assessment instruments acquired affective domain of quality and reliability