Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Variasi Bermediakan Slide Power Point dan Metode Outdoor Study pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun 2018

Main Article Content

Habibah Rochmatun
Sriyanto Sriyanto
Wahyu Setyaningsih

Abstract

The implementation of learning involves the use of Outdoor Study learning method and lecture
variation methods of Power Point Slide. This study aims to determine the effectiveness and
appropriateness of the use of lecture method variations which provides the power point slide with
outdoor study method on geographic subjects of hydrosphere in class X SMA Negeri 1 Pangkah Year
2017.. Sampling technique this research is random sampling with class X H as experiment class 1
and class X I as experiment class 2. Methods of collecting data in this research are documentation,
test and questionnaire., in experimental class 1 the learning used was lecture method of variation
which provided power point slide has not fulfilled the effectiveness criteria that is the achievement of
learning result is still low and has not reached the classical mastery 61.11% ≥ 80%. On the other
hand, the experimental class 2 learning used was the method of outdoor and this was effective because
it has met the four parameters of effectiveness in learning.


Pelaksanaan Pembelajaran mencakup penggunaan metode pembelajaran metode
Outdoor Study dan metode ceramah variasi bermedikan Slide power. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan kesesuaian penggunaan metode ceramah
variasi bermediakan slide power point dengan metode outdoor study pada mata pelajaran
geografi materi hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun 2017. Teknik Sampling
menggunakan random sampling menghasilkan kelas X H sebagai kelas eksperimen 1 dan
kelas X I sebagai kelas eksperimen 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah dokumentasi, tes, dan angket. Kelas ekspeimen 1 pembelajaran menggunakan
metode ceramah variasi bermediakan slide power point belum memenuhi kriteria efektif
yaitu ketercapaian ketuntasan hasil belajar masih rendah belum mencapai ketunasan
klasikal 61,11% < 80%. sedangkan kelas Ekperimen 2 pembelajaran menggunakan
metode outdoor study dikatakan efektif. karena telah memenuhi parameter efektivitas
pembelajaran.

Article Details

Section
Articles