Analisis Potensi Kawasan Wisata Alam Jembangan sebagai Ekoeduwisata Desa Jembangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen (sebagai Sumber Belajar Materi Geografi SMA/MA Kelas X-XI)

Main Article Content

Siska Yulianasari
Sriyanto Sriyanto

Abstract

The purpose of this study are to know the potential of Jembangan Nature Tourism Area as ecoedutourism, to know the development direction of Jembangan Nature Tourism Area, to inventory the potencies of Jembangan Nature Tourism Area as geographical learning resources for SMA/MA based on the 2013 curriculum of geography syllabus.The sampling technique used for manager of the tourist area consist of the chief manager and the head of pokdarwis is purposive sampling. The results of the study show that (1) the Jembangan Nature Tourism Area has classified potential to be developed as ecoedutourism with score of 1750. (2) Based on the SWOT quadrant analysis, the Jembangan Nature Tourism Area is in the I quadrant with a progressive strategy. (3) The formulation of ecoedutourism development produces 13 development strategies (4) Based on the 2013 curriculum of geography learning,the potencies of  Jembangan Nature Tourism Area can be used as geography learning source s by utilizing the environment which is supported by various existing attractions.


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi Kawasan Wisata Alam Jembangan sebagai ekeduowisata,  mengetahui arahan pengembangan Kawasan Wisata Alam Jembangan dan menginventarisasi potensi Kawasan Wisata Alam Jembangan sebagai sumber belajar materi geografi SMA/MA berdasarkan silabus pembelajaran geografi kurikulum 2013.Teknik sampling untuk pengelola kawasan wisata yang terdiri dari ketua pengelola dan ketua pokdarwis menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kawasan Wisata Alam Jembangan memiliki skor 1750 dengan klasifikasi potensial untuk dikembangkan sebagai ekoeduwisata. (2) Berdasarkan pada kuadran analisis SWOT Kawasan Wisata Alam Jembangan berada pada kuadran I dengan strategi progresif. (3) Perumusan strategi pengembangan ekoeduwisata menghasilkan 13 strategi pengembangan (4) berdasarkan silabus pembelajaran geografi SMA/MA Kurikulum 2013, potensi yang dimiliki Kawasan Wisata Alam Jembangan dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan yang didukung oleh berbagai daya tarik yang ada.

Article Details

Section
Articles