Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Kooperatif Tipe Student Team Achevement Divisions (Stad) Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batang Tahun Pelajaran 2019/2020
Main Article Content
Abstract
This study aims to (1) know the implementation and learning outcomes of conventional learning models (2)
know the implementation and learning outcomes of the STAD learning model (3) analyzing student learning
outcomes using the conventional leraning model and STAD. The research method used in this study was an
experimental design with Nonequivalent Control Group Design.The population in this study amounting to 139
students. The sampel used in this study, namely class XI IPS 3 totaling 34 students as a control class and class
XI IPS 4 totaling 36 students as an experimental class variable is the learning outcome. The data analysis
technique used is descriptive statistics and t test.Based on the result of the study showed the pre-test value of the
control class 43.88 increased to 72.41, while in the experimental class the pre test value of 42.66 increased to
77.11. The results of the analysis showed that the two-t test average post test control and experimental classes
showed the results of tcount> ttable, so that tcount was in the rejection area Ho so that Ha was accepted,
indicating that the learning outcomes with STAD learning model were better than conventional model learning
outcomes.. The independent variable is the STAD and conventional learning models, while the dependent
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran beserta hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui pelaksanaan beserta
pembelajaran beserta hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD, (3)
menganalisis seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
konvensional dan STAD.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen
semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah
139 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kelas XI IPS 3 berjumlah 34 siswa
sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen.Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dan konvensional, sedangkan variabel
terikatnya adalah hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji
t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai pre test kelas kontrol 43,88 meningkat menjadi
72,41, sedangkan pada kelas eksperimen nilai pre test sebesar 42,66 meningkat menjadi 77,11. Hasil
analisis menunjukan bahwa uji t dua rata-rata post test kelas kontrol dan eksperimen menunjukan
hasil thitung > ttabel, sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho sehingga Ha diterima,
menunjukkan bahwa hasil belajar dengan pembelajaran model STAD lebih baik dari hasil belajar
model konvensional