Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dan Model Pembelajaran di Kelas Reguler Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Kukun Puji Lestari
Andi Irwan Benardi

Abstract

___________________________________________________________________
The study aims to determine the difference in students ' learning outcomes with the Edmodo-based blended
learning model and a regular class learning model on geographic subjects in the XI IPS class SMA N 1 Pamotan.
The research method used in this research is a pseudo experiment with the design of a Nonequivalent Control
Group Design. The population in this study is all students of SMA Negeri 1 Pamotan. Determination of sample
research using purposive random sampling technique. The sample used in this study was the XI IPS 2 class
amounting to 36 students as a class using the Edmodo-based blended learning model and the XI IPS Class 3
amounted to 35 students as a regular class. The data analysis technique used in this study is the Independent
Sample T-test test. The results showed that the T test calculations were obtained Thitung > this because 4,707
> 1.99495 then H0 rejected and Ha accepted, so there is a significant difference in learning outcomes between
classes that use Edmodo-based blended learning models and Regular class learning outcomes. By looking at the
mean group statistic so that it can be concluded that the learning outcomes of students using Edmodo-based
blended learning models are higher (79.81) than the student learning outcomes of the regular class (71.42)..


Penelitian ini bertujuan untuk yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
model blended learning berbasis Edmodo dan model pembelajaran di kelas reguler pada mata pelajaran
geografi di kelas XI IPS SMA N 1 Pamotan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Pamotan. Penentuan sampel penelitian
menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kelas XI IPS 2 berjumlah 36 siswa sebagai kelas yang menggunakan model blended learning berbasis
edmodo dan kelas XI IPS 3 berjumlah 35 siswa sebagai kelas reguler. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel karena 4.707 > 1.99495 maka H0 ditolak dan Ha
diterima, jadi terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan
model blended learning berbasis edmodo dan hasil belajar kelas reguler. Dengan melihat mean pada
group statistic sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran blended learning berbasis edmodo lebih tinggi (79,81) dibandingkan dengan hasil belajar
siswa pada kelas reguler (71,42).

Article Details

Section
Articles