PERAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN BAGI SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan kebencanaan dalam mata pelajaran geografi mempunyai peran dan fungsi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap masalah kehidupan yang terjadi di sekitarnya. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah tingkat pengetahuan siswa tentang kebencanaan dan bagaimanakah peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan bagi para siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IPS SMA di Kabupaten Kebumen, kemudian diambil sampel 5 sekolah berdasarkan tingkat akreditasi dan diambil kembali sampel siswa sebanyak 150 siswa. Variabel penelitian (1) peran mata pelajaran geografi,(2) peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil penelitian yaitu tingkat pengetahuan siswa tentang kebencanaan menunjukan rata-rata sebesar 63,7 dalam kategori “cukupâ€. Peran mata pelajaran geografi dilihat dari analisis kurikulum diketahui 18 (69,23%) KD geografi mengandung unsur kebencanaan. Siswa memperoleh pengetahuan kebencanaan dari mata pelajaran geografi pada saat proses pembelajaran mata pelajaran geografi khususnya materi yang terkait dengan kebencanaan.
Â
Disaster education in the subjects of geography has a role and functions to develop the ability to think critically about the issues of life that occurred in the vicinity. This study to determine how the students' level of knowledge about the disaster and how the role of geography in the subjects of disaster education for the students . Population in this research that students in the high school social studies class Kebumen, then the sample taken 5 schools based on the level of accreditation and re-sample of students taken as many as 150 students. Study variables (1) the role of geography subjects, (2) the role of geography in education subjects disaster . Data analysis using descriptive percentages and simple linear regression method . The result is students' level of knowledge about the disaster showed an average of 65.5 in the category of "enough". Role of geography subjects showed that there was an increase every students 'perceptions about the implementation of the disaster in learning geography subjects will be followed by an increase students' knowledge about the disaster at 0.850 .