EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET BERBASIS BLOG MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SEMESTER 1 MAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Siswa sering mengalami kebosanan dalam mengikuti pelajaran di kelas, Guru menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mengubah suasana bosan menjadi lebih aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini mengetahui penggunaan Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog materi sebaran flora dan fauna serta mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog materi sebaran flora dan fauna terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini kelas XI IPS MAN Magelang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statatistik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 42% (cukup aktif), pertemuan kedua persentase sebesar 62% (aktif). Hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 42% (cukup aktif), pertemuan kedua persentase 62% (cukup aktif)).
Â
Students often experience boredom in following the lessons in the classroom, teachers use instructional media to create a fun learning environment. Internet Based Learning Media Blog is one of the media that can change the atmosphere of boredom becomes more active and effective. The purpose of this study to know the use of Internet -Based Learning Media Blog matter distribution of flora and fauna as well as examine the effectiveness of the use of Internet -Based Learning Media Blog matter distribution of flora and fauna on student learning outcome. The study population of MAN Magelang XI IPS consists of seven classes .The research sample of two class, namely class XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as the control class. The variables of this study is the activity of student learning,student learning outcomes, and student responses.Collecting data using the methods of documentation, observation, test questionnaire. Analyzed using descriptive and analytical statatistik. The results of observations of student learning activities first experimental class meeting 42 % the percentage of student activity ( moderately active ), the second meeting of the percentage by 62 % ( active ). Results of classroom observations of student learning activity controls the activity of the first meeting of the percentage of students 42 % ( moderately active ), the second meeting of the percentage of 62 % ( quite active ) ).