KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA YANG DIBERI TUGAS RUMAH SECARA KELOMPOK DENGAN TUGAS RUMAH SECARA INDIVIDU PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHANPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Pemberian tugas rumah merupakan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran geografi di SMA Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diberi tugas rumah kelompok dengan siswa yang diberi tugas rumah individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara keduanya dan juga untuk mengetahui apakah metode pemberian tugas ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan subyek penelitian yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data untuk penelitian yaitu observasi, dokumentasi dan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa (kognitif) yang diberi tugas rumah secara kelompok dengan tugas rumah secara individu. Kedua kelompok eksperimen sama-sama mengalami peningkatan hasil belajar. Perbedaannya yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diberi tugas rumah secara kelompok lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberi tugas rumah secara individu.
Â
Giving the task of learning an appropriate method to address the problem of learning geography in SMAN 3 Pekalongan . This study aims to determine the ratio of learning outcomes between students who are given the task group with students who were given the task of individual homes . The aim of this study was to compare learning outcomes between the two and also to determine whether the method of administration of this task can improve student learning outcomes . This type of research is experimental research with research subjects are taken using simple random sampling technique . Data collection techniques for the study of observation , documentation and test methods . The results of this study are significant differences between students' learning outcomes ( cognitive ) assigned as a group home with homework individually. Both experimental groups were equally increased learning outcomes . The difference is that improving student learning outcomes in the group given the task better than the learning outcomes of students were given the task of individual homes .