PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI POWER POINT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Main Article Content

Rosa Sepsita Wiyatri

Abstract

Media presentasi power point berbasis pemecahan masalah membantu siswa mengembangkan kreativitas dalam memecahkan persoalan yang dihadapinya. Penelitian ini untuk mendeskripsikan media presentasi power point berbasis pemecahan masalah sesuai standar pembuatan media dan menguji kelayakan penggunaannya dalam pembelajaran Geografi serta mengetahui efektivitas pembelajaran Geografi menggunakan media presentasi tersebut terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 1 Boja. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IS. Variabel penelitian: validasi ahli media dan materi, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian analisis data kuantitatif dengan desain R&D. Pengumpulan data melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Dari semua variabel, kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran geografi dengan menggunakan pengembangan media tersebut lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media sebelumnya. Sehingga pengembangan media ini layak untuk dijadikan media pembelajaran Geografi.

 

Media power point presentation based problem solving to help students develop creativity in solving the problems that it faces. This study was to describe the power point presentation based media solutions compliant media creation and testing the feasibility of its use in teaching Geography and Geography investigate the effectiveness of learning to use the media presentation of the learning activity and cognitive learning outcomes of students of SMA Negeri 1 Boja. Subjects in the study are students of class XI IS. Variables research:validation of media experts and materials, implementation of learning, learning activities and cognitive learning outcomes of students. Quantitative research methods of data analysis to the design of R&D. The collection of data through observation, question naires, tests and documentation. Data analysis techniques with descriptive analysis and test of the difference of two percentage average (t-test ). Of all the variables, the experimental class is better than the control class. It can be said that learning geography by using the media development more effective than the previous media. So the media suitable as a medium of learning Geography.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Rosa Sepsita Wiyatri, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang