PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI MATERI POKOK KONDISI FISIK INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Article Content

Didik Cahyo Mariyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis dan menguji perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi; (2) Untuk menganalisis dan menguji perbedaan pengaruh antara peserta didik yang mempunyai kemampuan berfikir kritis tinggi dan rendah (3) Untuk menganalisis dan menguji interaksi perbedaan pengaruh antara model pembelajaran  Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi (2) Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berfikir kritis tinggi dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Geografi (3) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS Geografi, dimana nilai rata-rata hasil belajar IPS Geografi.

 

The purpose of this research is: (1) to analyze and test distinction influence kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms against study result of the students in the subject social class geography; (2) to analyze and influence test difference between students have the ability think critical high and low (3) to analyze and test distinction influence interaction between kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms. A method of data used method test, method poll, and methods documentation. The result analysis of data with standard significance 5 % can be concluded that that: (1) there are differences influence kind of Two Stay Two Stray (TSTS) classrooms with kind of conventional classrooms against  study result of the students in the subject geography (2) there are differences influence ability think critical high and low against study result of the students in the subject geography (3) there are interaction between the media learning with ability think critical of study result of the geography, social class where average value study result of the geography

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Didik Cahyo Mariyanto, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia