PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DAN TINGKAT PARTISIPASI SISWA DI SMK N 2 SEMARANG

Main Article Content

Onny Setyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SMK N 2 Semarang, 2) Tingkat partisipasi siswa dalam pelaksanaan program sekolah Adiwiyata, 3) Peran sekolah terhadap Kelurahan Karangturi sebagai kelurahan binaan SMK N 2 Semarang di bidang lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK N 2 Semarang.  Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Jumlah populasi yaitu 1.259 siswa, maka diambil sampel 10% yaitu 127 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi/pengamatan, angket dengan metode analisis deskriptif sederhana serta deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sekolah Adiwiyata di SMK N 2 Semarang telah berhasil diterapkan serta telah sesuai dengan kriteria sekolah Adiwiyata menurut Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Partisipasi siswa SMK N 2 Semarang termasuk kriteria sangat tinggi dan tinggi dalam pelaksanaan program sekolah Adiwiyata dengan persentase 95% dan skor rata-rata 122,01. SMK N 2 Semarang telah menjalin kerjasama dengan 13 sekolah binaan dan Kelurahan Karangturi sebagai kelurahan binaan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dari masyarakat dan pemerintah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program sekolah Adiwiyata sudah sesuai dengan standar sekolah Adiwiyata menurut kriteria Kementerian Lingkungan Hidup.

 

The goals of this research are to determine: 1) Implementation of school’s Adiwiyata program at SMK N 2 Semarang. 2) Students participation level in the implementation of school’s Adiwiyata program. 3) School’s participation towards Karangturi Village as an guided village of the environmental program. Population in this research is all students from SMK N 2 Semarang. The sampling technique used is a proportional random sampling.  Total population is 1,259 students; 10% of the sample taken is 127 students. Collecting data techniques are using interviews, documentation, observation / observation, a questionnaire with simple descriptive analysis method as well as a description of a percentage. The results showed that the implementation of school’s Adiwiyata program in SMK N 2 Semarang has been successfully implemented and is fulfilled the requirements of Adiwiyata program stated by the Ministry of Environment. Students’ participation at SMK N 2 Semarang is considered very high with the percentage of 95% and an average score of 122,01 in the Adiwiyata program. SMK N 2 Semarang has established cooperation with 13 partner schools; and the Village Karangturi as a school’s objected village in the framework of environmental protection and management of the public and the government. To sum up, the Adiwiyata program has been run according the requirements stated by the Ministry of Environment.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Onny Setyowati, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia