EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN BINTANG BERALIH DAN MEDIA GLOBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENGENAL MATA ANGIN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII (C) DI SLB NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN

Main Article Content

Bella Theo Tomi P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan bitang beralih, mengetahui efektivitas media globe terhadap hasil belajar,dengan pokok bahasan mengenal mata angin bagi anak tunagrahita kelas VII (C) di SLB N Tamanwinangun Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental design dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII (C) tunagrahita SLB N Tamanwinangun Kebumen, kelas VII (C) 1 sebagai kelas eksperimen, kelas VII (C) 2 Sebagai kelas kontrol, kelas VII (C) 3 Sebagai Kelas Uji coba (monitoring) di SLB Negeri Tamanwinangun Kebumen.Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi mengenal mata angin menggunakan media permainan bintang beralih dan hasil belajar siswa materi mengenal arah menggunakan media globe.Metode pengumpulan data untuk penelitian yaitu metode dokumentasi,tes sedangkan analisis data menggunakan t test. Hasil penelitian, menunjukan bahwa Pembelajaran menggunakan media Permainan Bintang beralih dapat memberikan hasil yang lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan media globe. Media permainan bintang beralih sangat layak digunakan sebagi media pembelajaran dengan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 79,60 dengan ketuntasan 100 % lebih besar dari pada nilai rata-rata post test pada kelas kontrol sebesar 71,60 dengan ketuntasan 80% dikarenakan 1 siswa tidak mencapai batas KKM 70. Jadi hipotesis penelitian diterima.

 

This research is intended to describe the preparation of effectiveness Shooting star game media, knowing the implementation of globe media on learning outcomes, with learning materials know the wind was the students of VII © Tunagrahita SLB N Tamanwinangun Kebumen. The subject of the research is a research are the entire 7th©was VII (C) 1 In the eksperimen, control group was VII (C) 2 and than class trial VII (C) 3 of  SLB N Tamanwinangun Kebumen. The variable of this research was students learning result in materi know the wind with Shooting star game media and the students learning result in materi know the wind with globe as media. The methods of data collection for this research are tests, and documentation method, while the analysis of the data using t test. The research results show that the Shooting star game media is very suitable to be used as a method of learning social science studies with an average expert cognitive 79,60 with succes 100% greater then the control group was 71,60 with succes 80% because one student cannot reach KKM complete. the hypothesis of the research was accepted.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Bella Theo Tomi P, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia