PENGARUH LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Daryanti Daryanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII (2) besarnya pengaruh lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rowokele sebanyak 246 orang dengan sampel 49 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi ganda yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara lingkungan pendidikan dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rowokele Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 dengan kontribusi sebesar 0.445 atau 44 %. Secara parsial kontribusi variabel lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar sebesar 9.67 % sedangkan kontribusi variabel disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 8.64 %.

 

This study aimed to determine : (1) whether there is influence of environmental education and discipline of learning on learning outcomes of students of class VII social studies (2) the influence of education and discipline of learning environments on learning outcomes of students of class VII social studies. This study is a description of the type of correlation. The population in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Rowokele as many as 246 people with a sample of 49 students. The research instrument used was a questionnaire with multiple choice. Analysis of the data used in this study is a descriptive analysis of percentages and multiple regression analysis previously undertaken normality test data. The results showed that there is influence between education and disciplined learning environment on learning outcomes IPS seventh grade students of SMP Negeri 1 Rowokele Kebumen Academic Year 2013/2014 with a contribution of 0445 or 44%. Partially contribute to the educational environment variable learning outcomes by 9.67% while the contribution of variable discipline of learning on learning outcomes was 8.64%.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Daryanti Daryanti, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia