Perilaku Masyarakat dalam Berpartisipasi Pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau Publik Taman Indonesia Kaya Kota Semarang
Main Article Content
Abstract
The objective of this research was to dentify the situation in Taman Indonesia Kaya and to identify the
awareness, attitudes and actions of visitors in the conservation of Taman Indonesia Kaya's Public Green Open
Space in Semarang City. This research is a quantitative research using descriptive statistical data analysis
techniques. The population in this research are respondents who have visited Indonesia Kaya Park which is
distributed online. The sample in this research were 60 respondents using incidental sampling technique. The
findings of the analysis. On the basis of the level of knowledge, with a total of 47 respondents, the very good
category had the highest number, with a total of 8 respondents in the good category and 5 respondents in the
lesser category. Based on the attitude, with 54 respondents, the very good category has the highest number, with
5 respondents in the good category, and with 1 participant in the lesser category. Based on the behavior, the very
good category has the highest number with a total of 52 respondents, in the good category with a total of 5
respondents and in the less category with a total of 3 respondents. On the basis of the research results, very good
criteria include the level of knowledge, attitudes and behavior of visitors.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui keadaan di Taman Indonesia Kaya
dan untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku pengunjung dalam pemeliharaan
Ruang Terbuka Hijau Publik Taman Indonesia Kaya di Kota Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data statistic deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini adalah responden yang pernah berkunjung ke Taman Indonesia
Kaya yang disebarkan secara online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden
menggunakan teknik sampling Insidental Sampling. Hasil penelitian Berdasar tingkat
pengetahuan pada kategori sangat baik memiliki jumlah terbanyak dengan jumlah 47
responden, pada kategori baik dengan jumlah 8 responden, dan pada kategori kurang
dengan jumlah 5 responden. Berdasarkan sikap pada kategori sangat baik memiliki
jumlah terbanyak dengan jumlah 54 responden, pada kategori baik dengan jumlah 5
responden, dan pada kategori kurang dengan jumlah 1 responden. Berdasarkan Perilaku
pada kategori sangat baik memiliki jumlah terbanyak dengan jumlah 52 responden, pada
kategori baik dengan jumlah 5 responden dan pada kategori kurang dengan jumlah 3
responden. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku
pengunjung masuk dalam kriteria sangat baik.