Pengaruh Pengetahuan dan Kendala terhadap Keterampilan dalam Pembuatan Media Pembelajaran Geografi Visualisasi Informasi Geospasial Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang

Main Article Content

Eko Purnomo
Juhadi Juhadi
Puji Hardati

Abstract

This study analyzed the level of knowledge and constraints on skills in making geography learning media,
visualizing geospatial information for Geography Education Students, Semarang State University. The research
sample consisted of 80 students at the Semarang State University geography education students who were selected
using a saturated sample technique (census). The data analysis used in this study consisted of percentage
descriptive analysis techniques and multiple linear regression techniques. The results showed that students of
Geography Education at Semarang State University had a high level of knowledge and constraints in the
medium category, as well as a high level of Geospatial Information Visualization Skills. This study shows that
the influence of knowledge and constraints on the skills of visualization of geospatial information is partially at
50.9% or in the medium category with 49.1% influence from outside the research variables. For that, geospatial
information visualization knowledge and skills must be implemented continuously and comprehensively by
involving the roles of all parties, including students, departments and universities. UNNES and geography
departments can provide access to software and computers, not only outside the practicum and also encourage
the use of open source software as alternative software.


Penelitian ini menganalisis tingkat pengetahuan dan kendala terhadap keterampilan dalam
pembuatan media pembelajaran geografi visualisasi informasi geospasial pada Mahasiswa
Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian terdiri atas 80 mahasiswa
pada mahasiswa pendidikan geografi Universitas Negeri Semarang yang dipilih dengan teknik
sampel jenuh (sensus). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas teknik analisis
deskriptif persentase dan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa
mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang memiliki tingkat pengetahuan pada
kategori tinggi dan kendala pada kategori sedang, serta tingkat keterampilan visualisasi informasi
geospasial pada kategori tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengetahuan dan
kendala terhadap keterampilan visualisasi informasi geospasial secara parsial berada pada angka
50,9% atau berada pada kategori sedang dengan 49,1% pengaruh dari luar variabel penelitian.
Pengetahuan dan keterampilan visualisai informasi geospasial harus diimplementasikan secara
kontinyu dan komprehensif dengan melibatkan peran semua pihak baik, mahasiswa, jurusan dan
pihak universitas. Pihak UNNES dan jurusan geografi dapat menyediakan akses perangkat lunak
dan komputer tidak hanya diluar praktikum serta mendorong pemanfaatan software opensource
sebagai software alternatif

Article Details

Section
Articles