IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM GREEN SCHOOL DI SMP NEGERI 1 KUDUS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pelaksanaan program Green School, hambatan-hambatan yang terjadi, serta strategi dalam mensukseskan programGreen School di SMP Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis kelingkungan. Subyek penelitiannya adalah sebagian warga sekolah berupa civitas akademika. Tehnik pengumpulan data penelitian yang telah digunakan adalah tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program Green School di SMP Negeri 1 Kudus sudah berjalan cukup baik, dengan menggunakan empat indikator yang sama dengan aspek Adiwiyata yaitu kebijakan, kurikulum, partisipasi aktif warga sekolah, serta sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan program. Akan tetapi, berdasarkan hasil wawancara dan observasi, menunjukkan bahwa implementasi pelaksanaan program belum sepenuhnya maksimal, karena beberapa hambatan; (1) kurangnya media tanam yang cocok digunakan, (2) sebagian siswa bersikap inkonsisten dalam melestarikan lingkungan, (3) sumber daya manusia di bidang lingkungan terbatas. Strategi yang diterapkan ialah: (1) pihak sekolah meningkatkan kembali kinerja guru dan pembina program, (2) meningkatkan kerjasama dengan instansi lingkungan hidup, (3) mensosialisasikan peraturan tentang pelestarian lingkungan pada warga sekolah.
Â
This Research aims to determine the application of the implementation Green School program, know the obstacles happened, and make strategies to go green Junior High School 1 Kudus.This Research utilize a qualitative descriptive approach to the analysis environmental. Subjects of this research are civitas academic person. Data collection techniques of this research use the observation techniques, interview and documentation. Based on the research result that the implementation of the Green School has been going well, using four indicator the same with of the aspects Adiwiyata which is curriculum, active participation of this school, and infrastructure support this implementation of programs. Based on interviews and observations, suggest that the implementation of the program has not maximized , because there are some obstacles;(1) the reduce of a suitable planting medium used, (2) majority of students are inconsistent to preserve environment, (3)human resources in the field of the environment is limited. The strategy adopted are: (1) party schooled to increase performance back learn and program supervisors,(2)increase collaborations with environment institution, (3)re- socialize about regulations related to environmental protection to citizens of this school.